PERANCANGAN APLIKASI POS (POINT OF SALE) PADA CUSS ANGKRINGAN BERBASIS WEB.

 PERANCANGAN APLIKASI POS (POINT OF SALE) PADA CUSS ANGKRINGAN BERBASIS WEB.





LAPORAN KERJA PRAKTEK


Oleh : 


NO.

NIM

NAMA


1.

181021400173

BAGUS BUDI PANGESTU


2.

181021400025

FAJAR IBRAHIM










PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAMULANG

2020/2021


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAMULANG

PERSETUJUAN LAPORAN KERJA PRAKTEK


Program Studi : Teknik Informatika

Jenjang Studi : Strata 1

Judul : Perancangan Aplikasi POS (Point Of Sale) Pada Cuss Angkringan Berbasis Web


NO.

NIM

NAMA


1.

181021400173

BAGUS BUDI PANGESTU


2.

181021400025

FAJAR IBRAHIM




Disetujui untuk di presentasikan pada periode semester Genap tahun ajaran 2020/2021




Pamulang,    Juni 2021

Dosen Pembimbing






Sartika Lina Mulani Sitio S.Kom



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAMULANG

PERSETUJUAN LAPORAN KERJA PRAKTEK


Program Studi : Teknik Informatika

Jenjang Studi : Strata 1

Judul : Perancangan Aplikasi POS (Point Of Sale) Pada Cuss Angkringan Berbasis Web


NO.

NIM

NAMA


1.

181021400173

BAGUS BUDI PANGESTU


2.

181021400025

FAJAR IBRAHIM





Pamulang,    Juni 2021

Dosen Penguji





Sartika Lina Mulani Sitio S.Kom

Pembimbing Akademik





Sartika Lina Mulani Sitio S.Kom



Ketua Program Studi

Teknik Informatika





Achmad Udin Zaelani, S.Kom, M.Kom




LEMBAR PENGESAHAN SELESAI

KULIAH KERJA PRAKTEK



Dinyatakan bahwa :


Bagus Budi Pangestu (181021400173)

Fajar Ibrahim (181021400025)


Telah selesai melaksanakan kegiatan Kerja Praktek pada : 11 Juli 2021

Nama Instansi : CUSS ANGKRINGAN

Alamat : Jl. Siliwangi No. 6, Pamulang Barat 



Jakarta, 11 Juli 2021





BAGUS BUDI PANGESTU

(Owner Cuss Angkringan)










KATA PENGANTAR


Dengan mengucap rasa puji dan syukur penulis panjatkan ke-hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Kerja Praktek yang dilaksanakan di Cuss Angkringan dengan judul “PERANCANGAN APLIKASI POS (POINT OF SALE) PADA CUSS ANGKRINGAN BERBASIS WEB”.

Penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan Ini sebagai bukti dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan dan untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Kerja Praktek Program Studi Teknik Informatika (S1) Universitas Pamulang.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan Laporan ini tidak sedikit kesulitan dan hambatan yang dialami penulis, baik dalam segi isi, penulisan maupun kata–katanya yang tidak tersusun secara baik, namun berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak akhirnya Laporan Kerja Praktek Ini dapat diselesaikan.

Dengan hati yang tulus dan ikhlas, penulis ingin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih serta penghargaan yang tak terhingga sedalam-dalamnya kepada:


Bapak Achmad Udin Zaelani, S.Kom, M.Kom selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang.

Ibu Sartika Lina Mulani Sitio S.Kom selaku dosen pembimbing yang telah memberikan kritik dan saran bimbingan maupun arahan yang sangat berguna dalam penyusunan laporan kerja praktik ini.

Bagus Budi Pangestu selaku Owner Cuss Angkringan


Akhir kata penulis mengucapkan Alhamdullilah, semoga Allah SWT selalu menyertai langkah penulis amin. Dan mudah-mudahan laporan kerja praktek ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan berfikir serta sebagai bahan referensi dan informasi yang bermanfaat bagi pengetahuan.


DAFTAR ISI

Halaman

Judul i

Lembar-Lembar ii

Kata Pengantar v

Daftar Isi vii

Daftar Gambar ix

Daftar Tabel xii


BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang 1

Identifikasi Masalah 2

Tujuan Penulisan 2

Batasan Permasalahan 2

Metode Penelitian 3

Sistematika Penulisan 3


BAB II ORGANISASI 

 Sejarah Perusahaan 4

 Struktur Organisasi Perusahaan 6

 Tugas dan Wewenang Bagian 6

 Infrastruktur Teknologi Informasi 10

 Proses Bisnis Cuss Angkringan 12


BAB III PEMBAHASAN

Tinjauan Pustaka  14

Perancangan Sistem 18

Activity Diagram 18

Use Case Diagram 22

Normalisasi 24

ERD (Entity Relationship Diagram) 24

Relasi Tabel 25

Sequence Diagram 26

Perancangan Perangkat Lunak 30

Flowchart 30

Analisis & Pembahasan Aplikasi 30

Pengertian Analisis 30

Pembahasan Algoritma 31

Implementasi dan Penjelasan Rancangan Layar 32

Manual Program dan Ujicoba dengan Data 37


BAB IV PENUTUP

Kesimpulan 46

Saran 46


Daftar Pustaka 47

















DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 2.1. Logo Cuss Angkringan 4

Gambar 2.2. Struktur Organisasi Cuss Angkringan 6

Gambar 3.1. Activity Diagram 19

Gambar 3.2. Use Case Diagram 22

Gambar 3.3. ERD (Entity Relationship Diagram) 25

Gambar 3.4. Relasi Tabel 25

Gambar 3.5. Sequence Diagram  26

Gambar 3.6. Flowchart 27

Gambar 3.7. Rancangan Halaman Utama Login 27

Gambar 3.8. Rancangan Halaman Kasir 28

Gambar 3.9. Rancangan Halaman Laporan Transaksi Kasir 28

Gambar 3.10. Rancangan Halaman Daftar Menu Kasir 29

Gambar 3.11. Rancangan Halaman Admin 29

Gambar 3.12. Rancangan Halaman Data Pegawai 30

Gambar 3.13. Rancangan Halaman Daftar Menu Kasir 32

Gambar 3.14. Halaman Login 32

Gambar 3.15. Halaman Beranda Kasir 33

Gambar 3.16. Halaman Menu Kasir 33

Gambar 3.17. Modal Dari Hasil Pembayaran 33

Gambar 3.18. Halaman Transaksi Berhasil 33










DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 2.1. Laptop Acer Aspire 5 11







BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Seiring berkembangnya teknologi dalam membantu manusia menciptakan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari, membuat manusia harus beradaptasi sebagai pengguna teknologi tersebut. Internet merupakan teknologi yang sangat dekat dengan kehidupan membantu manusia dalam memperoleh berbagai informasi yang diinginkan dimana saja dan kapan saja. 

Untuk itu, kami memanfaatkan kemudahan teknologi sebagai sarana dalam meningkatkan penghasilan dan pengembangkan usaha yang lebih efektif dan efisien. Salah satu sektor yang kami kembangkan yaitu dalam metode pembayaran dan pengelolaan stok barang, sehingga pelanggan pun akan merasa nyaman dengan kemudahan yang disajikan.

Dengan demikian, maka kami rancang sebuah sistem transaksi point of sale berbasis website yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam sistem transaksi yang ada.


 Identifikasi Masalah

Sesuai permasalahan yang telah dikemukan pada pembahasan latar belakang, maka secara garis besar identifikasi masalah yang dapat diselesaikan adalah :

Bagaimana merancang dan membangun sistem point of sale pada Cuss Angkringan yang dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada konsumen secara luas tentang perusahan dengan cepat, tepat dan dinamis serta user friendly yang dapat memberikan penilaian positif bagi perusahaan ?






Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktek ini adalah: 

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah diatas, tujuan dari penulisan ini yaitu untuk merancang dan membangun sebuah sistem penjualan berbasis web yang dapat mempermudah pada proses penjualan

Batasan Permasalahan

Permasalahan dalam perancangan aplikas point of sale pada cuss angkringan ini dibatasi pada hal-hal sebagai berikut : 

Sistem ini merupakan sistem point of sale.

Sistem ini berlaku dan hanya ditekankan pada penggunaan di Cuss Angkringan dan oleh pemiliknya.

Sistem ini dibangun dan dirancang berbasis website dengan Bahasa pemrograman PHP & CSS, Manajemen Basis Data MySQL.


Metode Penelitian

Dalam penelitian ini, kami melakukan beberapa macam metode diantaranya :

Observasi

Peneliti melakukan pengamatan secara langsung mengenai aktivitas dalam transaksi jual beli pada Cuss Angkringan sehingga diperoleh informasi yang akan dicatata secara sistematis.

Wawancara

Peneliti melakukan tanya jawab untuk mengetahui keluhan dari sistem yang telah ada sehingga peneliti dapat menghasilkan sistem yang tepat.


Sistematika Penulisan

Penulisan laporan kerja praktek ini terdiri dari 4 bab, masing-masing bab memiliki sub bab yang akan menjelaskan isi dari tiap bab. sistematika penulisan laporan ini adalah sebagai berikut :



Bab I Pendahuluan

Pada bab ini membahas tentang latar belakang, identifikasi masalah, tujuan penelitian, batasan penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan

Bab II Organisasi

Pada bab ini membahas pemaparan Cuss Angkringan, beserta sejarah, struktur, tugas dan wewenang setiap bagian. selain itu juga menjelaskan infrastruktur teknoologi informasi yang terdapat pada Cuss Angkringan beserta proses bisnis dalam instansi.

Bab III Pembahasan

Pada bab ini membahas tentang tinjauan pustaka, perancangan sistem mulai dari activity diagram, use case, erd, relasi tabel hingga flowchart. selain itu juga terdapat pembahasan algoritma rancangan dan implementasi layar beserta pengujian program terhadap data.

Bab IV Penutup

Pada bab ini membahas tentang kesimpulan dan saran yang harus menjawab permasalahan yang telah diungkapkan di Bab I dan harus sesuai dengan Bab III.



BAB II

ORGANISASI

SEJARAH PERUSAHAAN


Gambar 2.1. Logo Cuss Angkringan

Nama Perusahaan : Cuss Angkringan

Alamat : Jl. Raya Siliwangi Pamulang, Tangerang Selatan

No. Telp : 085889829331


Cuss Angkringan berdiri dari bulan januari tepat nya di tanggal 29 januari 2021 yang didirikan oleh bagus budi pangestu. Awal mula berdiri nya cuss angkringan karena sang pemilik cuss angkringan sering kali nongkrong di angkringan lalu terpikirkan untuk membuat atau mendirikan angkringan sendiri.

Cuss Angkringan adalah sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan di daerah Tangerang selatan yang tepat nya di jl. Siliwangi pamulang Tangerang selatan. cuss angkringan dikenal sebagai warung hik ("hidangan istimewa ala kampung") atau wedangan. Beroperasi mulai jam 18.00 hingga 23.00. Makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, dan lain-lain. Minuman yang dijual pun beraneka macam seperti teh, kopi, wedang jahe, susu, bahkan minuman bubuk dalam kemasan. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau.


Struktur Organisasi Perusahaan

Berikut adalah struktur organisasi  Cuss Angkringan 


Gambar 2.2. Struktur Organisasi  Cuss Angkringan

Tugas dan Wewenang Bagian 


owner : Memberikan arah dan tujuan pada saat organisasi berjalan dan juga Membantu atau melayani customer yang akan membeli.

staff 1 : Membantu atau melayani customer yang akan membeli.

Staff 2 : menghitung atau mencatat apa saja yang di beli oleh custumer dan melakukan transaksi pembayaran.






Infrastruktur Teknologi Informasi

Jaringan Perusahaan

Cuss Angkringan Menggunakan Jaringan data dari provider Telkomsel yaitu By U.

Spesifikasi Komputer Cuss Angkringan

Berikut adalah komputer yang di gunakan cuss angkringan : 

Laptop Acer Aspire 5

Processor

:

AMD Ryzen 3 5300U processor


RAM

:

8 GB


SSD

:

500 GB


Sistem Operasi

:

Windows 10



Tabel 2.1. Laptop Acer Aspire 5

Proses Bisnis Cuss Angkringan

Proses awal yaitu menyiapkan apa yang ingin di jual di angkringan, lalu menyiapkan lapak gerobak dan tempat untuk customer.


Pertama menyiapkan lapak untuk berjualan.

Melayani customer yang datang atau yang akan membeli.

Customer memilih apa saja yang akan di beli.

Lalu customer memberi tau staff apa saja yang di pilih.

Kemudian staff mencatat dan menyiapkan makanan atau minuman untuk di hidangkan ke customer.

Setelah selesai makan atau minum customer melakukan pembayaran kepada staff.

BAB III

PEMBAHASAN

Tinjauan Pustaka


Persaingan antar dunia bisnis sudah menjadi hal yang tidak asing bagi semua yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Seperti yang kita ketahui pada sekarang ini, banyak bermunculan usaha bisnis waralaba yang sudah menyediakan berbagai pelayanan kepada pelanggannya sehingga perusahaan lainnya mudah tersaingi (Novita & Djatikusuma, M.Si , 2014). 


Pengertian dari Point of Sale merupakan kegiatan yang berorientasi pada transaksi penjualan dan sistem yang membantu proses transaksi tersebut. POS terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dimana keduanya digunakan untuk setiap proses transaksi. POS menjadi sangat penting pada dunia bisnis karena POS diumpamakan sebagai terminal dimana tempat penerimaan pembayaran dari pembeli kepada pedagang sebagai indikator bagi pebisnis sebagai pengukur tingkat pendapatan (AXOPOS, 2012).


Pengertian konsep sistem, sistem merupakan suatu jaringan – jaringan prosedur yang saling berkumpul atau berhubungan untuk melakukan interaksi berupa kegiatan atau proses kerja dalam menyelesaikan suatu tujuan. Prosedur yaitu suatu urutan dari aksi atau tindakan yang disusun untuk kejadian yang berlangsung berulang untuk menjamin adanya keseragaman. Adanya sistem bermaksud agar sistem dapat mencapai tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok tersebut akan selesai terlaksana  juka terdapat elemen – elemen dan prosedur – prosedur dalam sistem yang saling berhubungan membentuk kesatuan (Jogiyanto, 2008). 


Keuntungan yang diperoleh dengan POS yaitu dapat meingkatkan kualitas pelayanan dikarenakan proses transaksi akan menjadi lebih cepat dan lebih sistematis, sehingga dapat mendukung kualitas pelayanan terhadap pelanggan, meningkatnya citra usaha dikarenakan konsumen yang puas sehingga membuat perusahaan mempunyai nilai lebih, kemudian keuntungan dalam berkompetensi yang dikarenakan segi pengelolaan data dan efisiensi waktu lebih unggul dibanding dengan yang tidak menggunakan sistem informasi, dan kemudahan dalam pengambilan keputusan dan proses pengontrolan karena dengan adanya POS tersebut dapat dengan mudah melakukan pengontrolan dikarenakan semua laporan sudah tersedia dengan cepat dan juga mempermudah dalam proses pengambilan keputusan (Nugraha & Rahayu, 2013). 


Aplikasi point of sale (POS) merupakan aplikasi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan dapat untuk diintegrasikan dengan alat pendukung supaya dapat membantu mempermudah dan mempercepat proses transaksi. Usaha pada bidang penjualan membuat POS menjadi sistem yang sangat penting, karena itu diharapkan aplikasi POS ini dapat menyajikan informasi–informasi transaksi yang dilakukan dan juga berbagai macam laporan penjualan yang diinginkan (Syarifudin & Kosasi, 2015). 


Bedasarkan tinjauan pustaka yang telah dideskripsikan diketahui bahwa aplikasi yang akan dibuat memiliki proses bisnis antara lain, pemesanan menu, pengelolaan transaksi dan pembayaran, pengelolaan laporan harian dan bulanan, dan pengelolaan status alur pemesanan. Sistem informasi yang dibangun juga akan menambahkan fungsionalitas tambahan seperti pengecekan pesanan pemberitahuan pesanan yang belum datang kepada konsumen.








Perancangan Sistem

Activity Diagram

Activity diagram merupakan alur aktivitas pengguna terhadap sistem. Dengan adanya activity diagram dapat mengetahui alur interalsi yang terjadi pada use case diagram:


Gambar 3. 1. Activity Diagram


Use Case Diagram

Use Case Diagram mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat. Use Case Diagram digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi tersebut.


Gambar 3. 2. Use Case Diagram


Aktor Use Case

Berikut deskripsi aktor pada Pembuatan Aplikasi POS Cuss Angkringan :

Kasir : Melakukan Login seperti pada umumnya melakukan pemilihan menu yang di order customer dan kasir juga bisa melihat rowayat transaksi yang sudah terjadi.

Admin : Melakukan Login, admin bisa mengatur menu, seperti menambahkan menu, mengedit harga dan lainya. Admin juga bisa mengelola akun kasir. 



Normalisasi

Normalisasi merupakan sebuah teknik dalam logical desain sebuah basis data yang mengelompokkan atribut dari suatu relasi sehingga membentuk struktur relasi yang baik (tanpa redudansi).

ERD (Entity Relationship Diagram)

ERD adalah model atau rancangan untuk membuat database, supaya lebih mudah dalam menggambarkan data yang memiliki hubungan atau relasi dalam bentuk sebuah desain. Dengan adanya ER diagram, maka sistem database yang terbentuk dapat digambarkan dengan lebih terstruktur dan terlihat rapi.



Gambar 3. 3 ERD (Entity Relationship Diagram)


Relasi Tabel

Relasi Tabel adalah hubungan antara beberapa tabel. Relasi antar tabel dihubungkan oleh primary key dan foreign key. Untuk membuat relationship maka masing-masing tabel harus memiliki primary key dan foreign key untuk dapat menghubungkan antara tabel induk dengan tabel anak.


Gambar 3. 4. Relasi Tabel


Sequence Diagram

Sequance Diagram merupakan pemodelan alur sistem usulan berdasarkan urutan waktu. Pada sequance diagram dapat juga diketahui proses dan tabel yang digunakan untuk simpan data sistem.


Gambar 3. 5.  Relasi Squence Diagram



 Perancangan Perangkat Lunak

Flowchart

Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.



Gambar 3. 6. Flowchart Sistem yang di Usulkan


Analisis & Pembahasan Aplikasi

Pengertian Analisis

Analisis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2014) adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya. Sedangkan pengertian analisis menurut yang sering kita jumpai dikutip pada panduan-panduang penulisan karya ilmiah adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya. Dalam pengertian yang lain, analisis adalah sikap atau perhatian terhadap sesuatu (benda, fakta, fenomena) sampai mampu menguraikan menjadi bagian-bagian, serta mengenal kaitan antar bagian tersebut dalam keseluruhan. 

 

Pembahasan Algoritma

Sebelumnya customer dating ke angkingan dan memilih menu makanan kemudian memberikan makanan nya kepada kasir untuk di hitung lalu di bakar , Proses kerjanya sebagai berikut

Customer datang kemudian memilih menu.

Customer memberikan informasi kepada kasir menu apa saja yang di pilih.

Kasir mencatat menu apa saja yang di pilih.

Selanjutnya kasir akan memberikan makanan ke staff untuk menyiapkan makanan dan minuman yang di pilih.

Jika sudah selesai di siapkan lalu di sajikan ke customer

Kemudian jika sudah selesai customer membayar kepada kasir.


Implementasi dan Penjelasan Rancangan Layar

Tampilan Rancangan Halaman Utama

Pada tampilan halaman utama akan ditampilkan form login untuk login staff.


Gambar 3. 7. Rancangan Halaman Utama login

Tampilan Rancangan Halaman Kasir

Pada tampilan halaman Kasir akan di tampilkan beranda, laporan transaksi, daftar menu.


Gambar 3. 8. Rancangan Halaman Kasir.


Gambar 3. 9. Rancangan Halaman Laporan Transaksi Kasir.


Gambar 3.10. Rancangan Halaman Daftar Menu Kasir.

Tampilan Rancangan Halaman Admin

Pada tampilan Halaman Admin akan di tampilkan beranda, data pegawai dan daftar menu



Gambar 3.11. Rancangan Halaman Admin


Gambar 3.12. Rancangan Halaman Data Pegawai.


Gambar 3.13. Rancangan Halaman Daftar Menu Admin..

.



Manual Program dan Ujicoba dengan Data

Melakukan Transaksi Kasir

Berikut adalah halaman login dari aplikasi Cuss Angkringan. Disini kita login sebagai kasir.


Gambar 3.14. Halaman Login


Setelah berhasil login maka akan tampil halaman beranda kasir.

Disini kita bisa mencoba memilih menu untuk melakukan pendataan transaksi.


Gambar 3.15. Halaman Beranda Kasir

Disini kita memilih menu yang di pesan, jika sudah kita bisa klik tombol hitung total.


Gambar 3.16.  Halaman Menu Kasir

Maka pesanan yg sudah kita pilih akan melakukan perhitungan total harga, sehingga hasilnya seperti berikut.


Gambar 3.17. Modal dari Hasil Pembayaran


Jika transaksi dinyatakan berhasil maka riwayat transaksi akan masuk ke transaksi berhasil.







Gambar 3.18. Halaman Transaksi Berhasil







BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan


Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan dari bab-bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Point of Sales Pada Cuss Angkringan berhasil dibangun dengan nama Cuss Angkringan yang dapat mempermudah pihak pemilik kedai untuk pengelolaan transaksinya dan pemesanan melalui pegawai secara mudah dan efisien, serta memiliki pengelolaan status dari pemesanan yang rapi dan informatif.

Saran

Berdasarkan proses pembangunan yang telah dilakukan hingga proses pengujian, penulis mendapat beberapa saran untuk pengembangan lebih terhadap aplikasi MamaBePos yang telah dibuat sebagai berikut:

1. Sistem diharapkan bisa dikembangkan menjadi lebih stabil dan memiliki user interface yang lebih baik dan informatif.

2. Pengembangan penambahan fitur-fitur lain seperti table service, dan pengelolaan inventory.














DAFTAR PUSTAKA


Rohi Abdulloh. 2017. Membuat Aplikasi Point of Sale dengan Laravel dan AJAX. Jakarta Pusat (ID): Elex Media Komputindo.

W3school. Bootstrap 4 Turorial. https://www.w3schools.com/bootstrap4/.

W3school. PHP Turorial. https://www.w3schools.com/php/DEFAULT.asp.

W3schools. JavaScript Turorial. https://www.w3schools.com/js/.





Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar